Selasa, 22 Februari 2022

Dana Materi

Doa Pembuka Sebelum Belajar.

Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Terpujilah Triratna.

dengan ini saya berdoa: Semoga saya dapat belajar dengan baik dan benar, untuk menjadi anak yang pandai, memiliki sopan santun, dan berbudi pekerti luhur. semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Duduk Hening - Silent Sitting

Duduklah dengan rileks, mata terpejam, kita sadari nafas dan katakan dalam hati:

"Nafas masuk.... aku tahu"

"Nafas keluar.... aku tahu"

"Nafas masuk.... aku tenang"

"Nafas keluar.... aku bahagia"


Indahnya Berdana

Dana Materi

silahkan dibaca Cerita tentang “Dana Materi” hal.141-142

Pembahasan

1.     Apa yang dimaksud dengan berdana materi?

Uraian jawaban: Berdana materi adalah memberikan dana yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkan berupa barang. Misalnya makanan, pakaian, minuman, dan lain sebagainya yang berwujud.

2.     Materi apa yang dapat kita berikan untuk membantu korban bencana kebakaran?

Uraian jawaban: Hal yang dapat kita berikan untuk membantu korban bencana kebakaran yaitu tempat tinggal, pakaian, makanan, obat-obatan.

3.     Mengapa kita harus berterima kasih kepada orang yang telah menerima pemberian kita?

Uraian jawaban: Kita harus berterima kasih kepada orang yang telah menerima pemberian kita karena orang tersebut telah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat melakukan perbuatan baik. Seandainya tidak ada orang yang mau menerima pemberian kita, berarti kita tidak dapat melakukan kebaikan atau berdana. Oleh karena itulah kita perlu untuk berterima kasih.

4.     Bagaimana tindakanmu jika suatu ketika bertemu dengan gelandangan yang kelaparan, sedangkan kamu baru saja membeli roti kesukaanmu?

Uraian jawaban: Tindakan kita jika suatu ketika bertemu dengan gelandangan yang kelaparan dan saya baru membeli roti kesukaan saya, saya akan berbagi roti tersebut. Saya melakukan hal itu karena saya sudah mengetahui pentingnya berdana kepada orang yang membutuhkan.

5.     Bagaimana cara yang tepat untuk membantu korban tanah longsor?

Uraian jawaban: Cara yang tepat untuk membantu korban tanah longsor adalah dengan membantu menyediakan tempat untuk tinggal sementara. Karena orang yang terkena tanah longsor kemungkinan tempat tinggalnya tidak bisa ditempati lagi.




Sumber: Buku paket Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 5 (Indahnya Berdana hal.139-144)


Terima kasih sudah berkunjung ke laman ini, semoga dapat membantu dalam belajar Agama Buddha dan praktik dalam kehidupan sehari-hari. semoga hidup anda selalu bahagia, sehat, dan sejahtera. semoga cita-cita dapat dicapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar