Sabtu, 26 November 2011

TENAGA PENDIDIK & KEPENDIDIKAN SD SARIPUTRA JAMBI


1.  Latar Belakang
     
            Guru adalah tenaga pendidik. Guru adalah salah satu komponen input dalam pendidikan yang memegang peran bagi keberhasilan pendidikan. Sampai saat inipun guru masih menjadi aktor sentral dalam pendidikan. Sehingga sebagian guru menjadi salah dalam menerjemahkan makna peran sentral guru. Akibatnya paradigma teacher centered masih eksis di kalangan dunia pendidikan Indonesia. Guru masih memegang teguh anggapan bahwa seorang guru yang baik harus aktif mengajarkan dan mentransfer ilmu yang dimiliki kepada peserta didik.
            Padahal tujuan pendidikan sebagaimana yang disyaratkan oleh Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  Untuk mencapai tujuan ini guru harus menjadi tauladan di depan, memberikan bimbingan di tengah dan mendorong dari belakang (Semboyan Ki Hajar Dewantara). Bukan hanya tegak “di depan kelas” mengajar dan mengajar saja. Tetapi harus mampu menciptakan suasana dan kondisi pembelajaran yang kondusif agar peserta didik termotivasi, terbuka wawasannya, sadar akan pentingnya belajar dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kalau bukan diri sendiri yang mau belajar untuk menjadi cakap dan terampil sebagai bekal di kehidupan, maka diri sendirilah yang akan sengsara.
            Untuk itu paradigma teacher centered harus bergeser ke paradigma student centered. Peserta didik yang harus aktif dalam belajar, sementara guru hanya bertindak sebagai fasilitator, motivator, pembimbing dan pengarah. Pengetahuan itu harus dibangun sendiri oleh peserta didik berdasarkan pemahaman dan penalarannya sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan psikologinya. Guru harus membangun proses pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik agar pengetahuan yang diperolehnya mempunyai daya retensi yang lama. Paradigma pendidikan yang demikian disebut paradigma pendidikan konstruktivistik.
            Peran sentral guru yang demikian akan dimungkinkan apabila guru atau tenaga pendidik mempunyai standar kualifikasi akademik dan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang memadai. Yaitu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
            Rancang bangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan tentang Tenaga Pendidik dan Kependidikan ini mencoba menguraikan hal-hal yang berkenaan dengan Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SD Sariputra Jambi. Seperti Landasan hukum, profil sekolah, strategi pembelajar, program peningkatan kualitas, profil tenaga pendidik dan profil tenaga kependidikan di SD Sariputra Jambi.

2.  Landasan Hukum
        

         Terdapat beberapa ketentuan yang menjadi landasan hukum dibuatkan rancang bangun sistem informasi manajemen pendidikan tentang siswa dan lulusan pada SD Sariputra Jambi yaitu :
1.      Pancasila dan UUD 1945
2.      TAP MPR (termasuk GBHN 1999-2002)
3.      Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah / Madrasah.
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16  Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
7.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 18  Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan.
8.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24  Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah / Madrasah.
9.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 25  Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah / Madrasah.
10.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 26  Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah / Madrasah.

3.  Profil SD Sariputra Jambi
      3.1.  Identitas sekolah  
1.      Nama sekolah                    :     SD Sariputra
2.      Nomor statistik sekolah    :     101100316044
3.      Propinsi Jambi                   :     Jambi
4.      Kecamatan                        :     Jambi Timur
5.      Kelurahan                          :     Sulanjana
6.      Jalan dan Nomor               :     Pangeran Diponegoro No. 55
7.      Kode Pos                          :     36144
8.      Telepon                             :     (0741) 23684
9.      Faximile                            :     (0741) 7552617
10.  Email                                 :     ycmj_jambi@telkom.net.id
11.  Akreditasi                         :     A
12.  Surat Keputusan               :     Ketua UPA-S/M No. 107 Tahun 2007
13.  Tanggal berdiri                  :     15 Maret 1971
14.  Luas tanah                         :     +  6.130 M2
15.  Luas Bangunan                 :     +  1895 M2

3.2.   Dena Lokasi SD Sariputra Jambi


 

















      3.3.   Struktur organisasi SD Sariputra Jambi



 


















      3.4.  Riwayat singkat sekolah
         Sejarah Perguruan Sariputra dimulai dengan berdirinya Yayasan Caka Maha Jaya pada Tahun 1966 dengan ketua Romo Viriya Mitta, Romo Satya Mitta sebagai Wakil Ketua merangkap Sekretaris dan Ibu Kumuda Mitta sebagai Bendahara. Pada tanggal 28 Februari 1970 diresmikanlah Vihara Sakyakirti Jambi.
         Dalam Anggaran Dasar Yayasan Caka Maha Jaya disebutkan bahwa maksud dan tujuan berdirinya yayasan adalah untuk mendirikan rumah ibadah Agama Buddha dan rumah sekolah. Oleh karena itu setelah berdirinya Vihara Sakyakirti, diupayakan untuk segera mendirikan sekolah untuk menampung anak-anak umat Buddha Jambi agar mendapatkan pendidikan yang layak dan pendidikan Agama Buddha yang lebih bagus. Maka pada Tanggal 3 Maret 1971 berdirilah SD. Buddhayana yang dikepalai oleh Ibu Suktadharmi dan beberapa orang guru dari Jakarta. Tidak sampai setahun Ibu Suktadharmi mengundurkan diri digantikan oleh Bapak Gede Sedhana dari Bali. Pada Tanggal 2 Januari 1972 berdirilah  TK. Buddhayana.
         Pada Tanggal 19 Maret 1974 muncul instruksi pembauran yang menimbulkan goncangan hebat dan SD. Buddhayana sempat disegel dan dihentikan operasinya. Instruksi pembauran dikeluarkan karena pada saat itu anak-anak yang bersekolah di SD. Buddhayana 90 % adalah anak-anak keturunan Tionghoa. Sebanyak 60 % murid-murid SD. Buddhayana yang keturunan Tionghoa harus dipindahkan ke sekolah negeri. Ini adalah suatu hal yang tidak mudah padahal mereka adalah umat Buddha yang harus kita bina. Romo Viriya Mitta dan Drs. Rawin, Kepala SD. Buddhayana saat itu berangkat ke Medan  menghadap Pangkowilhan untuk menerima petunjuk-petunjuk pembauran. Akhirnya SD. Buddhayana tetap dapat beroperasi kembali dengan catatan diupayakan untuk mengurangi persentasi murid yang keturuan Tionghoa dan nama SD. Buddhayana berubah menjadi SD. Sariputra sampai sekarang.
         Adapun kepala sekolah yang pernah menjabat di SD Sariputra sejak berdirinya sampai sekarang adalah sebagai berikut :

No
Nama
Masa Kerja
1
Sutadharmi
Th 1971 – 1972
2
Gde Sedhana
Th 1972 – 1974
3
Drs. Rawin
Th 1974 – 1975
4
Gde Sedhana
Th 1975 – 1977
5
Putuh Natih
Th 1978 -  1992
6
Drs. Nyoman Swieten
Th 1993 - 2004
7
Gunawan, S.Ag
Th 2004 – sekarang


      3.5.  Visi dan Misi sekolah
                        Untuk mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan juga tujuan yang hendak dicapai oleh para pendiri sekolah ini maka ditetapkanlah Visi dan Misi SD Sariputra sebagai berikut :

               Visi :
               Menjadi sekolah yang berkualitas dan terpercaya yang berciri Buddhis untuk mendidik siswa agar berilmu, berwawasan luas, mandiri, serta berprestasi yang dilandasi dengan keyakinan, sikap, dan prilaku mulia sesuai dengan ajaran agama dan nilai-nilai budaya luhur yang dianut.


             Misi :       
1.      Mengupayakan pengadaan, pembaruan dan pengembangan terhadap sarana dan prasarana maupun media pembelajaran yang efektif dan adaptif untuk mendukung proses belajar mengajar dan mewujudkan mental, prilaku, peserta didik yang luhur.
2.      Mengembangkan metode pengajaran dan bimbingan yang komunikatif, interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang dengan menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
3.      Memberikan pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa, olah raga dan seni budaya untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi peserta didik sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnhya.
4.      Membangun pondasi keyakinan yang kuat melalui pendidikan agama dan budi pekerti sebagai dasar pembentukan sikap dan prilaku yang mulai serta membentuk pribadi yang mandiri, tekun, sabar, tenang, kreatif, inovatif dan kuat menghadapi segala tantangan.

       Motto SD Sariputra :
         Mengajarkan Ilmu, Mendidik Prilaku, Membangun Watak

3.6.   Budaya Kerja dan Belajar SD Sariputra
         Budaya Kerja Guru :
         Memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk mencapai kepuasan merupakan tujuan kami.
1.      Senyum, rapi, ramah, sopan dan tulus dalam memberikan pelayanan pendidikan.
2.      Efektif, efisien, dan berkualitas dalam melaksanakan tugas pembelajaran.
3.      Luwes dalam menerima pembaharuan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kurikulum.
4.      Aktif melakukan perbaikan dan tidakd menunda pekerjaan.
5.      Mawas dan melakukan evaluasi kerja untuk perbaikan mutu pendidikan.
6.      Amanah dalam bekerja sesuai dengan Standar Pelayanan pendidikan.
7.      Terbuka, Saling menghormati, menghargai, senang membantu dan berusaha memperbaiki diri.

Budaya Belajar Siswa :
Memiliki disiplin ilmu, prilaku yang baik dan pribadi yang berbudi pekerti  bagi peserta didik merupakan kepuasan kami.

1.      Sujud pada tuhan dan berdoa sebelum belajar menurut agamamu.
2.      Usahakan selalu siap setiap saat dalam menerima pelajaran dari bapak / ibu gurumu.
3.      Kerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurumu.
4.      Sungguh-sungguh dalam belajar, ciptakan suasana belajar yang interaktif, kondusif dan bertanyalah tentang pelajaran yang belum dimengerti atau dipahami olehmu.
5.      Evaluasi dirimu : Sudahkah menjadi peserta didik yang patuh, taat, sopan, santun, disiplin dan memiliki semangat belajarmu ? Sudahkah bertambah ilmumu hari ini ? Jika belum, maka kegagalan ada di pihakmu.
6.      Siapkan dirimu jauh-jauh hari, seolah-olah ujian tinggal satu hari lagi.

      3.7.  Tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang
               Tujuan Jangka Pendek Tahun Pelajaran 2012-2013 :
1.      Mampu mencapai target penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran 2012-2013 sebanyak 4 kelas.
2.      Mengaplikasi pendidikan nilai-nilai kemanusiaan dalam proses pembelajaran di kelas.
3.      Mengaplikasikan penggunaan media pembelajaran program power point minimal 1 kali setiap bulan setiap mata pelajaran pada setiap kelas.
4.      Memaksimalkan pemanfaatan ruang belajar audio visual dan perpustakaan sebagai sumber belajar.
5.      Menambah koleksi perpustakaan sebanyak 50 judul buku baru.
6.      Mencari guru olah raga baru untuk kelas I, II dan III yang saat ini masih kosong.
7.      Mensinkronkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler.
8.      Mengikutsertakan siswa pada berbagai event perlombaan dalam rangka pencapaian prestasi.

         Tujuan Jangka Panjang sampai Tahun 2016 :
1.      Berhasil meraih status sekolah berstandar nasional.
2.      Menerapkan pembelajaran bilingual untuk tiga mata pelajaran : Bahasa Inggris, Matematika dan Sains.
3.      Terbentuknya website SD Sariputra sehingga informasi dan materi pembelajaran tambahan dapat diakses siswa melalui internet.
4.      Mencapai 90 % tenaga pendidik yang berijazah S1.
5.      Mencapai kapasitas maksimal yaitu 140 siswa setiap kelasnya.
6.      Lengkapnya laboratorium sains sehingga dapat optimal dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
7.      Mengganti seluruh sarana meja kursi siswa yang sudah tidak layak lagi lebih kurang 350 set.
8.      Meraih prestasi mampu mencapai babak final Olympiade Sains Kuark tingkat sekolah dasar.
9.      Meraih prestasi juara I lomba olympiade sains dan bidang lainnya yang diselenggarakan oleh Diknas Propinsi Jambi.
10.  Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan mengadakan workshop atau seminar akademis.
                 
4.  Strategi Pembelajaran

      4.1.   Kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti siswa
         SD Sariputra dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran,  menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di luar jam pelajaran sekolah untuk mendukung pencapaian kurikulum dan ketuntasan dalam belajar, diantaranya :
1.      Menyelenggarakan kegiatan remedial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan dalam belajar berdasarkan hasil evaluasi belajar setiap akhir bulan dan semester.
2.      Mengadakan belajar tambahan yang siswa yang berprestasi rendah bagi siswa kelas 1 dan 2 pada saat sebelum masuk sekolah dan setelah pulang sekolah.
3.      Pelatihan komputer bagi siswa berbakat di bidang TIK.
4.      Pelatihan sains bagi siswa berbakat di bidang sains.
5.      Pelatihan Bahasa Mandarin bagi siswa berbakat di bidang bahasa mandarin.
6.      Pelatihan Bahasa Inggris bagi siswa berbakat di bidang bahasa Inggris.
7.      Pelatihan bermain piano bagi siswa berbakat musik dan nyanyi.
8.      Bekerjasama dengan Vihara Sakyakirti Jambi menyelenggarakan kegiatan pelatihan dhamma bagi siswa beragama Buddha pada hari-hari libur yang tidak mengganggu hari efektif belajar.

      4.2.   Mata pelajaran keahlian sebagai muatan kearifan budaya dan pengetahuan lokal

                  Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di SD Sariputra yang mencanangkan keunggulan lokal sebagai ketrampilan plus bagi siswanya agar kelak mampu berkompetisi dalam persaingan global  maka diandakannya pembelajaran  Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Teknologi Informasi Komunikas sejak kelas 1 sampai kelas 6.

      4.3.   Metode pembelajaran  (penggunaan media audio visual)

                  Sebagai wujud konkret dari upaya memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas maka proses pembelajaran yang diselenggarakan di SD Sariputra haruslah mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Untuk itu sekolah selalu dan secara kontinue mengupayakan penerapan teknologi informasi komunikasi dalam proses pembelajaran. Pengadaan ruang belajar audio visual yang dilengkapi dengan perangkat audio visual dan infocus adalah wujud komitmen sekolah terhadap penggunaan media pembelajaran berteknologi tinggi. Melengkapi media pembelajaran tersebut, akan terus diupayakan penggunaan software dan program komputer yang mendukung pembelajaran seperti power point dan macromedia flash.

5.   Program Peningkatan Kualitas
      5.1.   Tenaga Pendidik dan Kependidikan
              
            Memperhatikan kompetensi akademik tenaga pendidik sebagaimana yang amanatkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan melalui Peraturan Menteri Pendidikan tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru maka SD Sariputra berupaya memenuhi standar tersebut dengan cara :
·         Mengikutsertakan tenaga pendidik yang belum S1 dalam berbagai kesemptan pendidikan seperti program bea siswa dari Diknas Provinsi Jambi dan dari Yayasan sendiri. Diharapkan dapat mencapai angka 90 % pada tahun 2012 dan 100 % pada tahun 2015.
·         Mengikutsertakan tenaga pendidik dalam berbagai kesempatan seminar / workshop / kursus / pelatihan dll yang diselenggarakan dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pendidik. Dijadwalkan dua kali dalam satu tahun pelajaran.
·         Melakukan upaya regenerasi bagi guru yang sudah tidak memenuhi kualitfikasi akademik maupun kompetensi lainnya.
·         Melakukan kegiatan studi banding ke sekolah-sekolah yang sudah mencapai Standar Nasional dan terakreditasi A ke luar provinsi agar diperoleh bahan pembanding yang memotivasi tenaga pendidik dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di SD Sariputra.

      5.2.   Proses Pembelajaran
              
               Dalam rangka mencapai tujuan, visi dan misi SD Sariputra, mengacu kepada standar nasional pendidikan yang diatur dalam Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah maka direncanakan beberapa program pemantapan dan pengembangan sebagai berikut :
·         Perencanaan
      Mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berkualitas dan up to date sesuai dengan KTSP, prinsip penyusunan RPP dan kondisi sekolah (fasilitas, sarana dan prasarana, siswa, lingkungan). Sinkronisasi RPP dengan Silabus secara lengkap dan sistematis terciptanya proses pembelajaran yang kondusif bagi berkembangannya potensi peserta didik (Interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik). RPP diupayakan untuk diperbaharui setiap tahun.
  • Pelaksanaan Proses Pembelajaran
      Melaksanakn proses pembelajaran yang sesuai dengan paradigma pembelajaran konstruktivistik kombinasi dengan behavioristik agar tercapai tujuan pembelajaran yang bermakna dan mampu menanamkan nilai-nilai budi pekerti, kedisiplinan, semangat juang, mandiri dan bertanggung jawab. Memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Memilih media pembelajaran yang akan digunakan dengan fokus pada media teknologi informasi komunikasi seperti internet dan penggunaan program power point. Menggunakan buku teks yang bervariasi. Memberdayakan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar. Selalu memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah agar terjadi pengulangan materi pelajaran di rumah dalam bentuk kegiatan mandiri.
  • Penilaian Hasil Belajar
      Menerapkan proses penilaian hasil belajar yang konsisten, sistemik dan terprogram dengan tes tertulis dan pengamatan kinerja serta penilaian hasil karya anak berupa tugas dan pekerjaan rumah yang rutin diberikan. Penilaian hasil belajar dilaksanakan secara berkala harian, bulanan, akhir semester dan kenaikan kelas.  Menerapkan penilaian pada ketiga ranah tujuan pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik yang lebih berimbang, tidak didominasi kognitif saja. Yaitu dengan cara membuat kisi-kisi soal yang bervariasi antara ketiganya. Khusus untuk ranah afektif ditambah dengan pengamatan langsung pada sikap dan prilaku peserta didik setiap harinya.
6. Profil Tenaga Pendidik SD Sariputra
               Komposisi tenaga pendidik berdasarkan kualifikasi akademik :
No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah orang
Keterangan
1
SMA
3

2
SPG, SGB, KPG,
18

3
D2
7

4
D3
3

5
S1
7

6
S2
1


Jumlah
39 orang

              
               Nama-nama Guru yang sedang mengikuti pendidikan :
No
Nama
Tempat Pendidikan
Keterangan
1
Umi Warsilah
PGSD Univ. Terbuka
Semester VII
2
Nuriana
PGSD Univ. Terbuka
Semester VII
3
Rusliana
PGSD Univ. Terbuka
Semester VII
4
Diah Handayani
PGSD Univ. Terbuka
Semester VII
5
Rehulina Ginting
PGSD Univ. Terbuka
Semester VII
6
Heru Gunawan
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
7
Netti Herawati
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
8
Burnawati
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
9
Ratna Sari
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
10
Juli Wardani Putra
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
11
Autia Violeni
PGSD Univ. Jambi
Semester VII
12
Suwito, S.Ag
PPs. MTP Univ. Jambi
Semester III

               Komposisi berdasar masa kerja di SD Sariputra :
No.
Masa Kerja
Jumlah orang
Keterangan
1
1 – 5 tahun
15

2
6 – 10 tahun
2

3
11 – 15 tahun
3

4
16 – 20 tahun
7

5
21 – 25 tahun
2

6
26  tahun ke atas
10


Jumlah
39 orang


               Komposisi berdasar jenis kelamin :
No
Jenis Kelamin
Jumlah
1
Guru Laki-laki
12 orang
2
Guru Perempuan
27 orang

Jumlah.............................
39 orang

               Komposisi berdasarkan agama  :
No
Agama
Jumlah
1
Buddha
13
2
Islam
23
3
Kristen
2
4
Katolik
-
5
Hindu
1
6
Konghucu
-

Jumlah .................................
39 orang
              
               Daftar Guru Yang Sudah Sertifikasi :
No.
Nama
Keterangan
1
Gunawan, S.Ag

2
Dra. Fauziah Jalil

3
Sri Handayani

4
Komariyah

5
Anita

6
Yusmalini

7
Puspaningsih

8
Sujiyem

9
Edi S. Charlie

10
Mailinar

11
Walyatun
Dalam proses
12
Edi Toto Pandoyo
Dalam proses
13
Sudirman
Dalam proses


               Pembagian Tugas Tenaga Pendidik :
No
Nama Guru
Mengampu Matpel
Jml Jam
Jabatan
1
Gunawan, S.Ag
Agama Buddha Kls VI
27
Kepala sekolah
2
Heru Gunawan
SBK & IPA Kls IV
24
Wakepsek
3
Dra. Fauziah Jalil
Agama Islam  V & VI  & PKn VI
30
Wakepsek
4
Walyatun, S.Pd
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
5
Komariyah
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
6
Karsini, S.Ag
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
7
Anita  R
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
8
Puspaningsih
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
9
Ibut Sujak
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
10
Yusmalini
Guru Kelas I & II
24
Wali Kelas & GMP
11
Suparjiah
IPS III, PKn III, IV
24
Wali Kelas & GMP
12
Nuriana
IPA Kls III
27
Wali Kelas & GMP
13
Made Sutami
Agama Hindu, BDJ III, IV, V
24
Wali Kelas & GMP
14
Rusliana Silitonga
IPA Kelas IV & VI
30
Wali Kelas & GMP
15
Netti Herawati
IPS IV & VI , Menulis
31
Wali Kelas & GMP
16
Burnawati
Bhs. Indonesia IV
24
Wali Kelas & GMP
17
Zuryaningsih
Bhs. Inggris I, III, V
18
Wali Kelas & GMP
18
Umi Warsilah
Bhs. Indonesia Kls V, Berhitung V
24
Wali Kelas & GMP
19
Suwito, S.Ag
Bhs.  Ind Kls III  & Ag. Buddha V
27
Wali Kelas & GMP
20
Diah Handayani
IPS Kls. V, SBK Kls. VI
24
Wali Kelas & GMP
21
Sri Handayani
Bhs. Indonesia VI, Berhitung IV
24
Wali Kelas & GMP
22
Rehulina Ginting
Matematika Kelas VI
24
Wali Kelas & GMP
23
Edi Toto Pandoyo
Matematika Kelas V
24
GMP
24
Mailinar
Matematika Kelas IV
24
GMP
25
Hery, SE
Matematika Kelas III
24
GMP
26
Nurjannah
Agama Islam Kls. I & II
24
GMP
27
Sudirman
Agama Islam III, IV & SBK III, IV
24
GMP
28
Sujiyem
Ag. Buddha Kls I dan II , Menulis V
23
GMP
29
Darsini
Ag. Buddha Kls III dan IV
18
GMP
30
Yasri Kurnia
Penjas Kls. IV, V, VI
18
GMP
31
Edy S. Charlie
Bhs. Inggris II, IV, VI
20
GMP
32
Dewi Ferawati
Bahasa Mandarin I, II, III, IV
13
GMP
33
Lim Giok Eng
Bahasa Mandarin V
6
GMP
34
Ali Basri
Bahasa Mandarin VI
6
GMP
35
Autia Violeni, S.Kom
TIK I – VI
31
GMP
36
Jeffrey Stevanus
TIK I – VI
31
GMP
37
Ratna Sari
BDJ Kls VI
3
GMP
38
Juli Wardani Putra
Penjas  I dan II
4
GMP
39
Suratman, S.Ag,M.PdB
IPA Kelas V
12
GMP
* GMP = Guru Mata Pelajaran

7. Profil Tenaga Kependidikan SD Sariputra

      7.1.   Kepala Sekolah
               Identitas Kepala Sekolah :
Nama                                       :     Gunawan, S.Ag
Tempat, Tanggal Lahir            :     Lampung, 9 Juli 1966
Pendidikan                              :     S1  Agama Buddha
                                                      STIAB Maha Prajna Jakarta
Alamat                                    :     Jl. Patin I  No. 75  RT. 35  Kelurahan Lingkar Selatan  Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi
Status & NIP                          :     PNS.   NIP. 196607091990101001
Pangkat / Golongan                :     Guru Pembina / IV A
Pengalaman Kerja                   :    

No.
Tempat Tugas
Jabatan
Tahun
1.
SMP PGRI Lampung
Guru
1986  -  1989
2.
SMP Sariputra
Guru
1989  -  1990
3.
SD Sariputra
Guru
1990  -  sekarang
4
SD Sariputra
Kepala sekolah
2004  -  sekarang






Kegiatan Pengembangan Diri yang Pernah Diikuti :
1.      Pembinaan Generasi  Muda Buddhis Kota Jambi “Hidup Sehat Bebas Narkoba” Tahun 2010 yang dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha Kota Jambi, Hotel Ratu Convention Center Jambi, 5 – 7 Januari 2011.
2.      Seminar Pendidikan dengan tema “Perubahan Paradigma Pembelajaran dari Teacher Centered ke Student Centered” yang diselenggarakan oleh Yayasan Caka Maha Jaya Perguruan Sariputra Jambi, 7 – 8 Juli 2010 di Aula Sariputra Jambi.
3.      Seminar Pendidikan Nilai-nilai Kemanusiaan (PNK) yang diselenggarakan oleh Institute Of Sathya Sai Education Indonesia bekerja sama dengan MBI Sumbar, di Padang, tanggal 26 – 30 Desember 2010.
4.      Seminar dan Pelatihan Olimpiade Matematika SD Gampang, Asyik dan Menyenangkan yang diselenggarakan oleh www.Sangkek.com bekerja sama dengan Primagama Jambi, pada tanggal 13 Maret 2010 di Hotel Wiltop Jambi.
5.      Workshop Standarisasi Manajemen Pengelolaan Sekolah Berciri Buddha Tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimmas Buddha Kementerian Agama RI, pada tanggal 4-6 Nopember 2010 di Tangerang, Banten.
6.      Seminar Hypnoteaching and Personality Guidance yang diselenggarakan oleh WEC bekerja sama dengan YCMJ, pada tanggal 22 Desember 2009 di Aula Sariputra Jambi.
7.      Ketua Penyelenggara “Bimbingan Karakter Buddhis Anak-anak SD Sariputra Jambi, yang diselenggakan oleh SD Sariputra Jambi, pada tanggal 17 – 18 September 2009 di Aula Sariputra Jambi.
8.      Seminar Nasional Tekno Psikologi Pendidikan dengan tema Pentingnya Mengenali Bakat Untuk Mencapai Prestasi Puncak, diselenggarakan oleh DMI Primagama, pada tanggal 1 Nopember 2009 di Hotel Ratu Convention Center Jambi.
9.      Sosialisasi Standarisasi Mutu Sekolah Berciri Buddhis Tahun 2009, diselenggarakan oleh Dirjen Bimmas Buddha Departemen Agama RI, pada tanggal 22 Agustus 2009, di Riau.
10.  Diklat Kegiatan Kerja Kelompok Guru Tahun Pelajaran 2007 / 2008 selama 16 kali pertemuan @ 2 jam, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kecamatan Jambi Timur.
11.  Diklat Kegiatan Kerja Kelompok Guru Tahun Pelajaran 2008 / 2009 selama 16 kali pertemuan @ 2 jam, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kecamatan Jambi Timur.
12.  Diklat Kegiatan Kerja Kelompok Guru Tahun Pelajaran 2009 / 20010 selama 16 kali pertemuan @ 2 jam, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kecamatan Jambi Timur.
13.  Bimbingan Teknis Hubungan Industrial dan Syarat Kerja, diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Jambi, pada tanggal 31 Oktober 2008 di Hotel Mega Indah Jambi.
14.  Seminar Perpajakan dengan Tema “Pokok-pokok Perubahan Ketentuan Umum Perpajakan Terbaru dan Tata Cara / Petunjuk Pelaksanaan Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan, diselenggakan oleh Lembaga Diklat Keuangan dan Informasi Perpajakan Indonesia, tanggal 27 November 2008, di Grand Hotel jambi.
15.  Seminar Scientific EEG & Clinical Hypnotherapy dengan tema Hypnotherapy for Success, diselenggarakan oleh www.sangkek.com dan WEC, pada tanggal 21 Nopember 2010 di Hotel Wiltop Jambi.
16.  Sebagai Pelopor Pengembangan Kemajuan IPTEK dalam Program Nasional Lomba IPTEK Tertulis 2003 antar pelajar dalam rangka Hardiknas 2003, diselenggarakan oleh LiPI didukung oleh Depdiknas, pada tanggal 1 April – 31 Mei 2003, di Jakarta
17.  Sebagai Penggerak Pendidikan Budi Pekerti dalam Lomba PPKn + Budi Pekerti 2003 tingkat pelajar se Indonesia , diselenggarakan oleh LiPI didukung oleh Depdiknas dan Depag RI, pada tanggal 1 April – 31 Mei 2003, di Jakarta.
18.  Seminar Sistem Pengajaran Interaktif dan Motivasi Pendidik, diselenggarakan oleh Diknas Kota Jambi, pada tanggal 26 November 2010.
19.  Sebagai peserta Festival Seni Baca Dhammapada Tingkat Nasional I yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimmas Hindu dan Buddha, pada tanggal 16 Oktober 1992 di Jakarta
20.  Sebagai Official pada Festival Seni Baca Dhammapada Tingkat Nasional II yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimmas Hindu dan Buddha, pada tanggal 29 Desember 1994 di Jakarta.
21.  Workshop Data Base Sekolah  yang diselenggarakan oleh Lembaga Bimbingan dan Pengembangan Diri Erlangga Purwokerto, di Aula SMK N 4 Kota Jambi, tanggal 7 Pebruari 2010.
22.  Penataran Penyuluhan Agama Buddha yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimmas Hindu dan Buddha, pada tanggal 19 Juli 2002 di Bengkulu.
23.  Sosialisasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Sekolah Dasar se-Propinsi Jambi, diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jambi tahun 2007, tanggal Juli 2007 di Jambi.
24.  Sosialisasi UU No. 28 Tahun 2007 tentang Pokok-pokok Perubahan KUP dan UU No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, diselenggarakn oleh Lembaga Diklat Keuangan dan Informasi Perpajakan Indonesia, tanggal 2 Juli 2009, di Grand Hotel Jambi.

      7.2.   Wakil Kepala Bidang Kurikulum
               Identitas  :
               N a m a                                    :     Heru Gunawan
               Tempat, Tanggal Lahir            :     Magelang, 24 April 1963
               Pendidikan                              :     SPG
                                                                     Saat ini sedang pendidikan S1 semester 7 di PGSD UNJA
               Alamat                                    :     Mekar Jaya, RT. 07  Mestong Sungai Gelam
               Pengalaman Kerja                   :     -     Guru SD Sariputra selama 27 Tahun sampai sekarang.
                                                                     -     Sebagai Wakil Kurikulum SD Sariputra sejak 1995 sampai sekarang.

      7.3.   Wakil Kepala Kesiswaan SD Sariputra
               Identitas :
               N a m a                                    :     Dra. Fauziah Jalil
               Tempat, Tanggal Lahir            :     Manggapoh, 5 September 1955
               Pendidikan                              :     S1 STT PAI
               Alamat                                    :     Jl. Letkol Hasan Efendi RT. 17/06 No. 57  Telanai Pura Jambi
               Pengalam Kerja                       :     -  Guru Agama Islam dari Thn 1978 – 2011
                                                                     -  Waka Kesiswaan Thn 2009 sampai sekarang
     
      7.4.   Bendahara SD Sariputra
               Identitas  :
               N a m a                                    :     Komariyah
               Tempat, tanggal lahir              :     Kutowinangun, 21 Januari 1950
               Pendidikan                              :     SPG
               A l a m a t                               :     Jl. Oto Iskandari Dinata  No. 46  RT. 03  RW. 01  Kel. Sulanjana Jambi Timur.
               Pengalaman kerja                    :     -     Guru kelas dari Th. 1973 – sekarang
                                                                     -     Bendahara sekolah dari 23 Jan 2005

      7.5.   Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Tenaga Kebersihan serta Keamanan
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
Masa Kerja
Keterangan
1
Ratna Sari
D2
TU
19 thn

2
Juli Wardani Putra
SMA
TU
4 thn

3
M. Syaropi  *
SMP
TU
36 thn

4
Abdul Manaf
SMA
Pustakawan
1 thn

5
Nawawi
SD
Kebersihan
5 thn

6
Wawan Ganjar
SMP
Kebersihan
2 thn

7
Agus Banari
SMA
Satpam
3 thn

8
Andri
SMK
Satpam
 5 Bln

* Prestasi : Juara I Tenaga Administrasi Sekolah Berprestasi / Berdedikasi Tingkat Propinsi Jambi, Tahun 2010 Tingkat SD/SDLB/MI
     

8. Penutup

      8.1.   Kesimpulan
1.      Rancang bangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus dibuat secara sistematis dan prosedural meliputi perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan didahului dengan penggumpulan data secara lengkap mengenai pendidik dan tenaga kependidikan.
2.      Rancang bangun SIMP tentang pendidik dan tenaga kependidikan ini dibuat secara sederhana dan belum menggunakan analisis SWOT yaitu kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga.

8.2.   Saran
1.      Dilakukan analisis SWOT kembali dalam membuat suatu rancang bangun sistem informasi manajemen agar tidak saja menyajikan informasi yang akurat tetapi juga berdaya guna bagi pengembangan sekolah di masa depan.
2.      Membuat rancang bangun sistem informasi manajemen agar melibatkan semua stakeholder agar benar-benar menjadi dokumen yang valid dan terbuka.





 


RANCANG BANGUN SIMP
TENTANG
TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
SD SARIPUTRA KOTA JAMBI

MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN


DOSEN PENGAMPU:

PROF. DR. SJARKAWI, M.Pd
DR. SYAMSURIZAL, M.Sc
DR. KADIR, M.Si





 












OLEH :

SUWITO
A2E010040



UNIVERSITAS JAMBI
PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
NOVEMBER  2011

1 komentar: