Rabu, 23 Maret 2022

Jalan Kesuksesan (Mencapai Sukses)

Doa Pembuka Sebelum Belajar.

Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Terpujilah Triratna.

dengan ini saya berdoa: Semoga saya dapat belajar dengan baik dan benar, untuk menjadi anak yang pandai, memiliki sopan santun, dan berbudi pekerti luhur. semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Duduk Hening - Silent Sitting

Duduklah dengan rileks, mata terpejam, kita sadari nafas dan katakan dalam hati:

"Nafas masuk.... aku tahu"

"Nafas keluar.... aku tahu"

"Nafas masuk.... aku tenang"

"Nafas keluar.... aku bahagia"

Setelah berdoa dan praktik duduk hening, silahkan pahami dan kerjakan tugas pembelajaran dibawah ini!


Mencapai Sukses

Baca cerita tentang "Anak Desa yang Pintar" di buku paket hal.165

Pesan dan Makna cerita:
Sukses menjadi pelajar memang tidak mudah. banyak rintangan dan tantangan yang harus diatasi. seperti dalam kisah "Anak Desa yang Pintar", tidak sedikit siswa yang merasa kalah sebelum bertanding. merasa mider, lemah, dan banyak alasan yang menyebabkan kegagalan.

Gigih artinya tetap teguh dalam pendirian, pikiran mantap untuk meraih apa yang diinginkan. orang yang gigih tidak mudah goyah oleh godaan.

Ulet artinya tidak mudah putus asa serta memiliki kemauan keras dalam berusaha mencapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan. orang yang ulet biasanya tekun belajar dan tidak kenal lelah.

Dalam kitab suci Tripitaka tepatnya dalam Vibhanga, Buddha telah mengajarkan tentang cara menjadi orang sukses. Terdapat empat macam jalan kesuksesan yaitu:
1. Senang pada pekerjaan (CHanda),
2. Semangat dalam bekerja (Virya),
3. Fokus dalam bekerja (Citta),
4. Mau mengevaluasi pekerjaannya (Vimamsa).




Sumber: Buku paket Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 5 (Mencapai Sukses: hal.(164-166)


Terima kasih sudah berkunjung ke laman ini, semoga dapat membantu dalam belajar Agama Buddha dan praktik dalam kehidupan sehari-hari. semoga hidup anda selalu bahagia, sehat, dan sejahtera. semoga cita-cita dapat dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar