Kisi-kisi Materi Kelas 4
No |
Kompetensi
Dasar |
Bahan
Kls/ Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1 memahami masa berumahtangga dan Pelepasan Agung Pangeran
Siddharta
|
IV/1 |
Masa berumahtangga |
Penerapan |
Disajikan narasi
tentang lomba ketangkasan Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa yang
terjadi saat lomba ketangkasan |
1 PG |
|
|
|
Pelepasan agung |
Penerapan |
Disajikan narasi
peristiwa pelepasan agung, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang dilihat sebelum Pangeran Siddharta
meninggalkan istana |
2 PG |
2 |
3.2 memahami pertolongan tanpa pamrih dan tahu berterimakasih
|
IV/1 |
Pertolongan sejati |
Penerapan |
Disajikan gambar
peristiwa pertolongan sejati, peserta
didik dapat memberikan contoh tindakan terhadap makhluk yang membutuhkan
pertolongan |
3 PG |
|
|
|
Tahu terimakasih |
Pemahaman |
Disajikan narasi tau
berterima kasih Peserta didik dapat menentukan contoh penerapan terimakasih dalam kehidupan
sehari- hari |
4 PG |
3 |
3.3 memahami brahma vihara dan puja bakti
|
IV/2 |
Puja Bakti |
Pemahaman |
Disajikan tabel puja
bakti umum divihara, peserta didik dapat membedakan puja bakti yang dihadiri
bhikkhu dan tidak dihadiri bhikkhu |
5 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Brahma vihara |
Penerapan |
Disajikan narasi
peristiwa yang bertemakan belas kasih dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menentukan salah satu contoh brahma vihara |
6 PG |
4 |
3.4 mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia dan
candi yang dipergunakan perayaan Waisak
|
IV/2 |
Candi- candi Buddhis di Indonesia |
Penerapan |
Disajikan
narasi singkat tentang berdirinya candi-candi Buddha di Indonesia, peserta
didik dapat, mementukan masa kejayaan kerajaan pada waktu itu |
7 PG |
|
|
|
|
Pemahaman |
Disajikan
table beberapa nama candi-candi Buddha, peserta
didik dapat mengidentifikasikan candi- candi peninggalan agama Buddha |
8 PG |
Kisi-kisi Materi Kelas 5
No |
Kompetensi
Dasar |
Bahan
Kls/ Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1 memaham imasa bertapa dan gangguan mara
|
V/1 |
Masa bertapa |
Penerapan |
Disajikan narasi masa
bertapa Pangeran Siddharta, peserta didik dapat menjelaskan cara cara bertapa
yang dijalani oleh Petapa Siddharta |
9 PG |
|
|
|
Gangguan mara |
Penerapan |
Disajikan narasi
tentang ganguan batin yang terjadi saat pertapa Gotama akan mencapai
penerangan sempurna Peserta didik dapat memberikan contoh sikap yang baik
dalam menghadapi gangguan batin yang
mempengaruhi prestasi belajar |
10 PG |
2 |
3.2 memahami delapan kondisi duniawi dan hakikat perbedaan
kehidupan menurut Ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari
|
V/1 |
Delapan kondisi duniawi
|
Penalaran |
Disajikan ilustrasi
atau narasi tentang Dukkha, peserta
didik dapat menentukan cara untuk mengatasi dukkha tersebut |
11 PG |
|
|
|
Hukum kebenaran |
Pemahaman |
Disajikan table tentang
hukum hukum kebenaran Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh hukum
kebenaran |
12 PG |
|
|
|
Tiga ciri Kehidupan |
Pemahaman |
Disajikan narasi
tentang tiga corak kehidupan peserta didik dapat menentukan ciri dari
kehidupan |
13 PG |
|
|
|
Hukum Kamma |
Penerapan |
Disajikan narasi tentang
perbuatan baik atau buruk Peserta
didik dapat mengerti salah satu akibat dari perbuatan |
14 PG |
|
|
|
Hakekat perbedaan kehidupan |
Penerapan |
Disajikan narasi
tentan delapan kondisi kehidupan
peserta didik mencontoh yang harus dilakukan dalam keseharian |
15 PG |
3 |
3.3 memahami cara-cara berdana yang
baik dan benar
|
V/2 |
Berdana |
Penerapan |
Disajikan narasi
tentang macam macam dana Peserta didik dapat memberikan contoh contoh macam
dana yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari |
16 PG |
|
|
|
|
Pemahaman |
Disajikan narasi
kualitas dana peserta didik dapat mengerti manfaat dana yang diberikan |
17 PG |
|
|
|
Indahnya Berdana
|
Penerapan |
Disajikan table
tentang macam macam dana peserta
didik dapat mencontoh salah satu macam dana yang bisa dilakukan keseharian |
18 PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Disajikan tabel barang
yang dapat di danakan kepada bhikkhu, peserta didik dapa mengidentifikasi
barang biasa diberikan kepada sagha |
19 PG |
4 |
3.4 memahami empat macam jalan kesuksesan dan empat macam temans
ejati
|
V/2 |
Empat macam teman sejati |
Pemahaman |
Disajikan tabel macam
– macam teman sejati, peserta didik dapat mengindetifikasi ciri-ciri sahabat
yang setia |
20 PG |
Kisi-kisi Materi Kelas 6
No |
Kompetensi
Dasar |
Bahan
Kls/ Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Nomor Soal |
9 |
3.1 memahami keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai
Penerangan Sempurna
|
VI/1 |
Keajaiban
pencapaian penerangan sempurna |
Pemahaman |
Pesertadidik dapat memberi contoh keajaiban- keajaiban saat
Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
|
21 PG |
10 |
3.2 memahami Sepuluh Kesempurnaan (DasaParamita) dan kisah
perumpamaan popular tentang perilaku bijaksana
|
VI/1 |
Dasa paramitta |
Pemahaman |
Disajikan sebuah
contoh pelaksanaan paramitta, peserta didik dapat menentukan salah satu
paramitta tersebut |
22 PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Peserta didik dapat
memberikan contoh penerapan dasa paramitta dalam kehidupa nsehari-hari |
23 PG |
|
|
|
Perumpamaan |
Penerapan |
Disajikan sebuah
perumpamaan, peserta didik dapat menjelaskan makna perumpamaan popular
tentang prilaku bijaksana |
24 PG |
|
|
|
Perumpamaan kisah
rumah yang terbakar |
Penerapan |
Disajikan ilustrasi
kisah rumah yang terbakar, peserta didik dapat menerapkan makna dalam kisah
rumah yang terbakar setiap hari. |
25 PG |
|
|
|
Perumpamaan orang yang terkenapanahberacun |
Pemahaman |
Peserta didik dapat
membedakan hal yang bermanfaat untuk
mencapai citacita |
26 PG |
11 |
3.3 memahami cara meditasi pernafasan dan cinta kasih
|
VI/2 |
Meditasi
|
Pemahaman |
Peserta didik mengerti
arti dari pengertian meditasi |
27 PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Peserta didik dapat
menyebutkan car acara pelaksanaan meditasi |
28 PG |
|
|
|
|
Pemahaman |
Disajikan table jenis
pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi
peserta didik dapat mengidentifikasi
pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi |
29 PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Peserta didik dapat
mengetahui salah satu rintangan dalam meditasi yang muncul dari dalam diri |
30 PG |
|
|
|
|
Pemahaman |
Peserta didik
mengetahui rintangan yang muncul dari luar diri saat meditasi |
31PG |
|
|
|
Meditasi Pernafasan |
Penerapan |
Disajikan narasi
tentang manfaat meditasi pernafasan Peserta didik dapat memberikan
contoh manfaat meditasi pernafasan |
32PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Disajikan narasi car
acara menjaga organ pernafasan
Peserta didik dapat menjaga organ pernafasan |
33PG |
|
|
|
|
penerapan |
Disajikan narasi
tentang manfaat meditasi pernafasan Peserta didik dapat memberikan
contoh manfaat meditasi pernafasan |
34 PG |
|
|
|
MeditasiCintakasih |
Pemahaman |
Disajikan narasi
pengertian meditasi cinta kasih Peserta didik dapat mengerti arti meditasi
cinta kasih |
35PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Disajkan narasi
tentang manfaat dan tujunan melaksanakan meditasi cinta kasih Peserta didik
dapat menyimpulkan tujuan pelaksanaan meditasi cintakasih |
36PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Disajikan table
tentang langkah langkan meditasi cinta kasih Peserta didik dapat menerapkan
langkah langkah melaksanakan meditasi cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari |
37 PG |
12 |
3.4 memahami tujuan akhir umat Buddha
|
VI/2 |
Pencapaian alam surga |
Pemahanan |
Disajikan narasi
tentang alam surga peserta didik dapat meyebutkan jumlah alam alam surga |
38 PG |
|
|
|
|
Pemahaman |
Disajikan narasi alam
surga yang pernah dikunjungi Buddha peserta didik dapat menyebutkan nama
surga tersebut |
39 PG |
|
|
|
|
Penerapan |
Disajikan table
perbedaan nibbana dengan surga peserta didik dapat membedakan nibbana dan
surga |
40 PG |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar