Jumat, 10 Desember 2021

EVALUASI SEMESTER GANJIL KELAS 6

EVALUASI SEMESTER GANJIL 2021/2022

KELAS 6

 

A.  Pilihlah salah satu jawaban a, b, c, atau d  yang kamu anggap paling benar pada soal-soal berikut ini!

1.       Diusia yang sangat muda, Pangeran Siddharta pernah bermeditasi dan mencapai Jhana. Meditasi yang dilakukan Pangeran Siddharta pada waktu itu adalah....

a.   Warna       b. Pendengaran             c. Pernapasan                d. Penglihatan

2.       Pangeran Siddharta menebarkan delapan ikat rumput kering sebelum duduk di bawah pohon Mahabodhi. Rumput-rumput kering itu berubah menjadi....

a.   Kalung permata yang mahal                       c. Nasi Susu Ghana

b.   Singgasana permata yang besar                   d. Mangkuk emas

3.       Seseorang yang memberikan delapan ikat rumput adalah....

a.   Chana        b. Sudhodana                c. Sotthiya                    d. Sujata

4.       Yang dilakukan Buddha saat mengalahkan Mara adalah....

a.   Mengalahkannya dengan cinta kasih                       c. Marah dengan mengeluarkan senjata

b.   Membentak dan menyuruhnya pergi                        d. Mengalahkannya dengan api kemarahan

5.       Hal baik yang harus dilakukan pada saat sebelum memulai pembelajaran adalah....

a.     Berdoa terlebih dahulu sebelum belajar                 c. Santai-santai menjelang jam belajar

b.     Tidak peduli saat pembelajaran dimulai                d. Berdoa setelah selesai belajar

6.       Tindakan bajik yang harus anda lakukan jika melihat seorang gelandangan yang sedang kelaparan di pinggir jalan adalah....

a.     Membiarkan gelandangan tersebut begitu saja

b.     Memanggil orang lain untuk membantu gelandangan tersebut

c.     Memberi makanan gelandangan tersebut untuk dimakan

d.     Mendekati gelandangan tersebut dan mengusirnya

7.       Orang yang berdana Nasi Susu Ghana kepada Pangeran Siddharta sebelum mencapai penerangan sempurna adalah ....

a.   Sudhodana             b. Sunjata                     c. Sundari              d. Sujata

8.     Perbuatan luhur tentang beramal, berkorban baik materi maupun bukan materi yang diberikan kepada orang lain dengan penuh kerelaan disebut ....

a.   Pengertian Dana     b. Pengertian Sila          c. Pengertian Virya     d. Pengertian Aditana

9.     Dana dalam bentuk materi (benda) yang kita berikan kepada orang-orang yang membutuhkan, misalnya uang, keperluan hidup dan makanan. pengertian jenis dana tersebut adalah .....

a.   Amisadana             b. Dhammadana            c. Mahatidana        d. Atidana

10.  Perhatikan gambar berikut ini!

Dari gambar tersebut, hal yang dapat kita contoh dalam kehidupan kita sehari-hari adalah....

  a.     Belajar untuk selalu berdana kepada orang yang       membutuhkan

  b.     Belajar hidup hemat agar tidak kekurangan makanan

  c.     Jangan sering-sering memberi makan seorang bhikkhu

  d.     Berdana kepada orang yang kita kenal




11.  Dana dalam bentuk bathin, memberikan khotbah Dhamma, memberikan nasehat-nasehat kepada seseorang sesuai dengan Ajaran Sang Buddha disebut ....

a.   Amisadana             b. Dhammadana            c. Mahatidana        d. Atidana

12.  Perbuatan baik tentang kesabaran, ketabahan, dan ketulusan hati disebut ....

a.   Ksanti Paramita      b. Dhyana Paramita       c. Virya Paramita     d. Dana Paramita

13.  Perbuatan luhur berupa keuletan, ketabahan, dan semangat disebut ....

a.   Ksanti Paramita      b. Dhyana Paramita       c. Virya Paramita     d. Dana Paramita

14.  Seorang raja dari Kukutavati yang mempunyai seorang  permaisuri bernama Anoja dan punya 1000 orang menteri yaitu bernama ....

a.   Raja Mahakappina                                     c. Raja Bimbisara

b.   Raja Asoka                                                            d. Raja Suddhodana

15.  Perbuatan bijaksana yang dilakukan sang ayah agar anak-anaknya mau keluar dari rumah yang sedang terbakar yaitu ....

a.   Memberi anaknya makanan                                    c. Memberikan anaknya mainan

b.   Memberikan anaknya pekerjaan                  d. Menyuruh anak-anaknya lari

16.  Cerita tentang orang yang terkena panah beracun, diambil dari kitab suci Tripitaka pada ....

a.   Majjhima Nikaya I:63                                c. Majjhima Nikaya I:68

b.   Majjhima Nikaya II:65                               d. Majjhima Nikaya II:63

17.  Siapa yang dimaksud Sang Bhagava dalam cerita orang yang terkena panah beracun?

a.   Malunkyaputta       b. Ananda                     c. Buddha              d. Dewa

18.  Adanya ketidak kekalan, adanya penderitaan, dan tidak ada inti yang kekal, berada dalam hukum ....

a.   Tilakhana               b. Bijja Niyama            c. Punarbhava        d. Catari Arya Saccani

19.  Perhatikan gambar berikut!

Dari gambar seorang bhikku kecil sedang berlatih meditasi, sebagai seorang pelajar hal baik yang perlu kita contoh dari bhikkhu kecil tersebut adalah....

 a.   Berlatih meditasi setiap hari agar pikiran mudah konsentrasi dalam belajar

 b.   Berlatih meditasi jika sedang ingin belajar saat ada guru

 c.   Berlatih meditasi jika diingatkan oleh orang tua

 d.   Berlatih meditasi seminggu sekali agar mudah konsentrasi dalam belajar

20.  Apa sebab Buddha tidak menjelaskan tentang yang ditanyakan Malunkyaputta?

a.   Buddha tidak paham                                   c. Buddha tidak tahu

b.   Buddha menganggap tidak penting              d. Buddha tidak mengerti

21.  Yang melambangkan Buddha dalam cerita “Kembalinya Anak yang Hilang” adalah ....

a.   Nibbana                 b. Dhamma                   c. Anak                 d. Ayah

22.  Kita, manusia, sebagai makhluk dalam cerita “Kembalinya Anak yang Hilang” adalah ....

a.   Ayah                     b. Anak yang hilang      c. Dharma              d. Nibbana

23.  Yang dimaksud harta warisan dalam kisah “Kembalinya Anak yang Hilang” adalah ....

a.   Emas yang tersimpan                                 c. Dharma Buddha

b.   Permata dan mutiara                                   d. Semua makhluk

24.  Pada saat sekarang kita telah mendapatkan warisan dari Buddha dalam wujud ....

a.   Triratna                  b. Kamma sutra            c. Emas dan mutiara     d. Kerajaan

25.  Kapan dan dimanakah kita dapat menjalankan ajaran Buddha?

a.   Di sekolah sewaktu pelajaran agama

b.   Di Vihara sewaktu sekolah minggu

c.   Dirumah sewaktu dengan orang tua

d.   Kapan saja dan dimana saja

26.  Arti kata “Metta” adalah ....

a.   Serakah                 b. Lupa                         c. Belas kasih        d. Cinta kasih

27.  Panggilan Bhagava dalam cerita “orang yang terluka terkena panah beracun” adalah ....

a.   Buddha                  b. Malunkyaputta          c. Ananda              d. Dewa

28.  Makna harta warisan yang terkandung dalam kisah “kembalinya anak yang hilang” adalah ....

a.   Emas yang tersimpan                                 c. Dharma Buddha

b.   Permata dan mutiara                                   d. Semua makhluk

29.  Anak seorang Raja yang telah membagi habis harta miliknya sebagai derma, sampai akhirnya beliau menyerahkan juga gajah putih milik kerajaan kepada kaum pendeta. Nama anak seorang Raja tersebut adalah ....

a.     Visvantara           b. Raja Sanjaya             c. Bimbisara        d. Visvamita

30.  Di bawah ini yang merupakan contoh tentang praktik kesabaran (ksanti paramita) adalah....

a.     Maya sedang belajar, tapi orang tuanya selalu minta tolong saat dia sedang belajar dan akhirnya dia marah kepada orang tuanya.

b.     Cita sedang belajar, tapi adik nya selalu mengganggunya dan dia marah kepada adiknya tersebur.

c.     Metta sedang belajar bersama adeknya, tapi adeknya minta diajari terus olehnya. Akhirnya Dina pun membagi konsentrasinya menjadi dua yaitu mengerjakan tugas-tugasnya sendiri dan membantu adeknya mengerjakan PR.

d.     Irsia mendapatkan tugas rumah dari gurunya, tapi dia tidak mau mengerjakan karena waktu dikumpulnya tugas tersebut masih lama.

31.  Terdapat dua macam virya paramita. Perbuatan luhur tentang ketekunan dan kesungguhan dalam pelaksanaan ajaran Buddha disebut....

a.     Sannaha Virya     b. Virya Paramita          c. Ksanti Paramita   d. Prayoga Virya

32.  Di bawah ini, yang merupakan kutipan syair dhammapada, Pandita Vagga 82 adalah....

a.     Bagaikan danau yang dalam, airnya jernih dan tenang. Demikian pula batin para orang bijaksana, menjadi tentram karena mendengarkan dhamma.

b.     Sungguh bahagia jika kita hidup tanpa membenci, diantara orang-orang yang membenci; diantara orang-orang yang membenci, kita hidup tanpa membenci.

c.     Kalahkan kemarahan dengan cinta kasih dan kalahkan kejahatan dengan kebajikan. Kalahkan kekikiran dengan kemurahan hati, dan kalahkan kebohongan dengan kejujuran.

d.     Walaupun seseorang masih muda dan kuat, namun bila malas dan tidak mauberjuang semasa harus berjuang, serta berpikiran lamban, maka orang yang malas dan lamban seperti itu tidak akan menemukan jalan yang benar.

33.  Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pelajar dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah adalah....

a.     Virya                  b. Nekkhama                c. Ksanti              d. Adhitthana

34.  Tokoh utama dalah kisah rumah yang terbakar adalah....

a.     Ayah                   b. Anak-anak                c. Kereta Lembu   d. Kereta Rusa

35.  Jumlah kereta yang diberikan ayah dalam kisah perumpamaan “Rumah yang terbakar” adalah....

a.     Satu Kereta         b. Dua Kereta               c. Tiga Kereta      d. Empat Kereta

 

B.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1.     Hal yang perlu dilakukan saat melihat teman yang menderita adalah....

2.     Jika anak panah yang menancap tidak segera di cabut akibatnya adalah….

3.     Alasan Sang Buddha sehingga Beliau tidak menjawab pertanyaan Bhikkhu Malunkiyaputta adalah....

4.     Nama orang yang memberikan delapan ikat rumput kepada pertapa Gotama adalah....

5.     Orang yang memberi dana nasi susu Ghana kepada pertapa Gotama adalah....

 

C.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!

1.       Keajaiban apakah yang terjadi saat pertapa Gotama melempar patta (mangkok) ke sungai Neranjara?

2.       Apa yang dimaksud dengan meditasi anapanasati? Jelaskan!

3.       Berikan contoh berdana, dan berikan alasanya mengapa dana tersebut dilakukan!

4.       Tuliskan sikap yang dapat menjadi teladan sehingga cita-cita dapat dicapai!

5.       Tuliskan empat sifat luhur/brahma vihara!

 


 KUNCI JAWABAN

Isian Singkat

1.     Menolongnya

2.     Luka semakin parah dan bisa meninggal dunia

3.     Karena pertanyaanya tidak bermanfaat dan membawa kemajuan batin

4.     Sotiya

5.     Sujata

Essay

1.     Mangkok mengalir melawan arus air

2.     Meditasi anapanasati adalah meditasi dengan menggunakan napas sebagai objeknya.

3.     Contoh berdana misalnya berdana makanan kepada sangha di bulan Kathina alasanya karena Sangha adalah ibarat ladang yang subur untuk kita melakukan perbuatan baik. (kebijakan guru)

4.     Pantang menyerah, selalu berusaha, tidak mudah putus asa dan selalu memperjuangkan apa yang dicita-citakan.

5.     Metta, Karuna, Mudita, Upekha 









Sumber: Buku paket Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 6


Terima kasih sudah berkunjung ke laman ini, semoga dapat membantu dalam belajar Agama Buddha dan praktik dalam kehidupan sehari-hari. semoga hidup anda selalu bahagia, sehat, dan sejahtera. semoga cita-cita dapat dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar