Jumat, 19 Juni 2015

RANCANGAN PROGRAM KERJA KKG-PAB PROVINSI JAMBI

RANCANGAN  PROGRAM KERJA
PADA KEGIATAN PEMBINAAN KKG-PAB
PADA TANGGAL 18-20 JUNI 2015
@Duta Hotel



Visi                  :  Terwujudnya pendidikan agama Buddha yang berkualitas dalam saddha, sila, bhakti dan peduli lingkungan.
Misi                 :  1.   Meningkatkan kualitas pendidikan agama Buddha Tingkat Sekolah Dasar;
                           2.   Sebagai pusat kegiatan pengembangan kreatifitas, inovasi dan sebagai sumber informasi guru pendidikan agama Buddha;
3.  Meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antar anggota KKG;
4.  Menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Tujuan KKG  :
1.            Membina kemampuan akademik serta meningkatkan kompetensi guru pendidikan Agama Buddha
2.            Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab sebagai pendidik pada tingkat sekolah dasar  untuk menciptakan budaya belajar yang unggul dalam menghasilkan kualitas pendidikan agama Buddha
3.            Menumbuhkan semangat guru pendidikan agama Buddha dalam mempersiapkan pelaksanaan dan mengevaluasi program kegiatan belajar mengajar
4.            Mengurangi kesenjangan kompetensi antar guru pendidikan agama Buddha sehingga dapat menunjang usaha kepentingan dan pemerataan mutu
5.            Mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi guru pendidikan agama Buddha dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan bertukar pikiran untuk mencari alternatif penyelesaiannya
6.            Membantu guru dalam upaya memenuhi kebutuhannya yang berkaitan dengan tugas profesi sebagai pendidik
7.            Membantu guru memperoleh berbagai informasi kependidikan baik yang menyangkut kebijakan pendidikan maupun teknis pembelajaran
8.            Membantu guru untuk  bekerjasama  dalam meningkatkan mutu kegiatan pembelajaran baik yang berstuktur maupun yang tidak berstruktur
9.            Memperluas wawasan dan saling tukar menukar informasi  dan pengalaman antar guru agar tetap mengikuti  perkembangan yang terjadi terkait dengan pendidikan dan pembelajaran.
10.        Meningkatkan semangat untuk memacu diri dan meraih prestasi terbaik dalam pendidikan dan pembelajaran



Program Kerja Jangka Pendek :
1.      Mengadakan pertemuan rutin;
2.      Menyusun dan membuat perangkat pembelajaran :
a.       Program Tahunan;
b.      Program Semester;
c.       Membuat Silabus;
d.      Membuat RPP;
e.       Membuat Kisi-kisi Soal,
f.       Membuat soal UTS, Semester dan Ujian Akhir Sekolah;
g.      Membuat media pembelajaran;

3.      Kegiatan sosial seperti kunjungan kasih.

Program Kerja Jangka Menengah :
  1. Meningkatkan SDM Guru Pendidikan Agama Buddha dengan menyelenggarakan: Workshop, Orientasi, Seminar, Penataran dan lain-lain.
  2. Mengadakan lomba-lomba untuk  siswa antar sekolah seperti :
a.       Olimpiade Buddhis;
b.      Cepat Tepat;
c.       Pelafalan Paritta dan Mantra;
d.      Pembacaan ayat-ayat suci Dhammapada;
e.       Pembuatan dan membaca puisi Buddhis;
f.       Dhammadesana;
g.      Menggambar dan mewarnai gambar yang bertemakan Buddhis;
h.      Menyanyi lagu Buddhis
i.        Cerita bergambar Buddhis
  1. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  2. Membuat Karya Ilmiah (KI).

Program jangka Panjang :
1.      Mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah Buddha;
2.      Mengadakan Dharmayatra;
3.      Mengadakan Pekan Penghayatan Dhamma;
4.      Menyelenggarakan kegiatan hari-hari besar bersama guru agama Buddha;
5.      Buddhis Camp.

Program Umum :
1.      Meningkatkan kualitas pendidik  dan peserta didik pada pendidikan agama Buddha
2.      Meningkatkan Sadha, Sila dan Bhakti bagi pendidik dan peserta didik.

Pembiayaan :
Sumber pembiayaan kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Buddha diperoleh dari:
1.      Iuran anggota
2.      APBN
3.      APBD
4.      Donatur atau simpatisan

PENUTUP
A.    Kesimpulan
         Peran serta guru sangat besar dalam keberhasilan pendidikan di suatu sekolah oleh karena itu profesionalisme dituntut harus lebih baik dalam proses belajar mengajar.  KKG adalah suatu wadah dalam pengembangan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya KKG dalam menjalankan kegiatannya menuntut adanya pro-aktif dari guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta yang tidak kalah pentingnya adalah faktor pendanaan yang tersedia, dengan adanya bantuan dana dari APBN, APBD dan lain-lain, kami pengurus KKG akan merealisasikan tujuan tersebut.

B.     Saran-Saran
1.      Pengelola dan pengambil kebijakan pendidikan akan terus memberikan pembinaan terhadap para pelaksana program KKG melalui penataran, diskusi dan workshop.
2.      Kepala Sekolah akan selalu berupaya mengadakan atau meningkatkan semua perlengkapan alat peraga atau media pendidikan sehingga program KKG terlaksana dengan baik
3.      Guru mengadakan pertemuan KKG secara teratur sebagai kebutuhan dan bukan sekedar kegiatan formalitas untuk memenuhi keinginan atasan.


PESERTA PEMBINAAN KKG AGAMA BUDDHA PROVINSI JAMBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar