RANCANGAN PROGRAM KERJA
PADA KEGIATAN PEMBINAAN KKG-PAB
PADA TANGGAL 18-20 JUNI 2015
@Duta Hotel
Visi : Terwujudnya pendidikan agama Buddha
yang berkualitas dalam saddha,
sila, bhakti dan peduli lingkungan.
Misi : 1. Meningkatkan kualitas
pendidikan agama Buddha Tingkat Sekolah Dasar;
2. Sebagai pusat kegiatan pengembangan kreatifitas, inovasi dan sebagai
sumber informasi guru pendidikan agama Buddha;
3. Meningkatkan
rasa persaudaraan dan kebersamaan antar anggota KKG;
4. Menumbuhkan rasa peduli terhadap
lingkungan.
Tujuan
KKG :
1.
Membina kemampuan akademik serta meningkatkan kompetensi guru pendidikan Agama
Buddha
2.
Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab
sebagai pendidik pada tingkat sekolah dasar
untuk menciptakan budaya belajar yang unggul dalam menghasilkan kualitas
pendidikan agama Buddha
3.
Menumbuhkan semangat guru pendidikan agama Buddha dalam mempersiapkan
pelaksanaan dan mengevaluasi program kegiatan belajar mengajar
4.
Mengurangi kesenjangan kompetensi antar guru pendidikan agama Buddha
sehingga dapat menunjang usaha kepentingan dan pemerataan mutu
5.
Mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi guru
pendidikan agama Buddha dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan bertukar pikiran untuk mencari alternatif penyelesaiannya
6.
Membantu guru dalam upaya memenuhi kebutuhannya yang
berkaitan dengan tugas profesi sebagai pendidik
7.
Membantu guru memperoleh berbagai informasi
kependidikan baik yang menyangkut kebijakan pendidikan maupun teknis
pembelajaran
8.
Membantu guru untuk
bekerjasama dalam meningkatkan
mutu kegiatan pembelajaran baik yang berstuktur maupun yang tidak berstruktur
9.
Memperluas wawasan dan saling tukar menukar
informasi dan pengalaman antar guru agar
tetap mengikuti perkembangan yang
terjadi terkait dengan pendidikan dan pembelajaran.
10.
Meningkatkan
semangat untuk memacu diri dan meraih prestasi terbaik dalam pendidikan dan
pembelajaran
Program
Kerja Jangka Pendek :
1.
Mengadakan pertemuan rutin;
2.
Menyusun dan membuat perangkat pembelajaran :
a.
Program Tahunan;
b.
Program Semester;
c.
Membuat Silabus;
d.
Membuat RPP;
e.
Membuat Kisi-kisi Soal,
f.
Membuat soal UTS, Semester dan Ujian Akhir Sekolah;
g.
Membuat media pembelajaran;
3.
Kegiatan sosial seperti kunjungan kasih.
Program
Kerja Jangka Menengah :
- Meningkatkan SDM Guru Pendidikan Agama Buddha
dengan menyelenggarakan:
Workshop, Orientasi,
Seminar, Penataran dan lain-lain.
- Mengadakan lomba-lomba untuk siswa antar sekolah seperti :
a.
Olimpiade
Buddhis;
b.
Cepat Tepat;
c.
Pelafalan Paritta dan Mantra;
d.
Pembacaan ayat-ayat suci Dhammapada;
e.
Pembuatan dan membaca puisi Buddhis;
f.
Dhammadesana;
g.
Menggambar dan mewarnai gambar yang bertemakan Buddhis;
h.
Menyanyi
lagu Buddhis
i.
Cerita
bergambar Buddhis
- Melakukan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
- Membuat
Karya Ilmiah (KI).
Program jangka
Panjang :
1.
Mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah Buddha;
2.
Mengadakan Dharmayatra;
3.
Mengadakan Pekan Penghayatan Dhamma;
4.
Menyelenggarakan kegiatan hari-hari besar bersama guru
agama Buddha;
5.
Buddhis
Camp.
Program Umum :
1.
Meningkatkan kualitas pendidik dan peserta
didik pada pendidikan agama Buddha
2.
Meningkatkan Sadha, Sila dan Bhakti bagi pendidik dan peserta didik.
Pembiayaan :
Sumber
pembiayaan kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Buddha diperoleh dari:
1.
Iuran anggota
2.
APBN
3.
APBD
4.
Donatur atau
simpatisan
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Peran
serta guru sangat besar dalam keberhasilan pendidikan di suatu sekolah oleh karena itu profesionalisme dituntut
harus lebih baik dalam proses
belajar mengajar. KKG adalah suatu wadah
dalam pengembangan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya KKG dalam
menjalankan kegiatannya menuntut adanya pro-aktif dari guru, Kepala Sekolah dan
Pengawas serta yang tidak kalah pentingnya adalah faktor pendanaan yang tersedia, dengan adanya
bantuan dana dari APBN, APBD dan lain-lain, kami pengurus KKG akan
merealisasikan tujuan tersebut.
B.
Saran-Saran
1.
Pengelola
dan pengambil kebijakan pendidikan
akan terus memberikan pembinaan terhadap para pelaksana program KKG melalui
penataran, diskusi dan workshop.
2.
Kepala Sekolah akan selalu berupaya mengadakan atau
meningkatkan semua perlengkapan alat peraga atau media pendidikan sehingga
program KKG terlaksana dengan baik
3.
Guru mengadakan
pertemuan KKG secara teratur sebagai kebutuhan dan bukan sekedar kegiatan
formalitas untuk memenuhi keinginan atasan.
PESERTA PEMBINAAN KKG AGAMA BUDDHA PROVINSI JAMBI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar