1. Kalyanamitta
artinya ….
a. Sahabat
sejati c.
Teman dalam suka
b. Teman
dalam sedih d.
Teman yang suka membela
2. Buddha
pernah memberikan nasehat kepada seorang pemuda yang bernama “Sigala”. Nasehat
itu berisi tentang ….
a. Cara
memilih teman yang baik c. Cara
membangun rumah
b. Cara
bernamaskara d.
Cara memilih teman yang jahat
3. Buddha
pernah berkotbah kepada seorang pemuda yang bernama “Sigala”. Kotbah tersebut
terdapat dalam ….
a. Samyuta
Nikaya c.
Sigalovada Sutta
b. Milinda
panha d.
Brahmajala Sutta
4. Ketika
memilih teman kita harus dapat membedakan antara teman yang ….
a. Miskin
dan kaya c.
Berambut panjang dan rambut pendek
b. Berkulit
hitam dan kulit putih d.
Bersifat baik dan bersifat buruk
5. Orang
yang selalu menang sendiri adalah orang yang ….
a. Rakus
dan tamak c.
Sombong
b. Baik
hati d.
Suka membenci
6. Teman
yang suka memuji-muji dirimu dihadapanmu dan menjelekkanmu di depan teman-temanmu
merupakan teman yang memiliki sifat ….
a. Rendah
hati c.
Rendah diri
b. Penjilat d.
Baik hati
7. Sahabat
yang selalu membantu kita ketika kita sedang berada dalam kesulitan dengan
cara-cara yang baik, disebut ….
a. Sahabat
karib c.
Sahabat palsu
b. Teman
akrab d.
Sahabat sejati
8. Dalam
bergaul dengan teman, kita harus selalu ….
a. Waspada
dan hati-hati c.
Sombong dan angkuh
b. Malu-malu
dan hati-hati d.
Mengikuti saran teman
9. Sahabat
yang tidak baik disebut ….
a. Sahabat
karib c.
Sahabat palsu
b. Teman
akrab d.
Sahabat sejati
10. Salah
satu ciri-ciri sahabat yang baik adalah ….
a. Selalu
setia dalam suka dan duka c. Selalu
minta ditemani terus
b. Selalu
memberi makanan yang enak d. Selalu
memuji-muji diri kita
11. Dari
sikap-sikap di bawah ini manakah yang bukan merupakan sikap Pangeran Siddharta?
a. Tidak
menggunakan ilmu bela dirinya untuk menyakiti makhluk lain
b. Tidak
bertanya saat ada yang tidak mengerti
c. Tidak
menyia-nyiakan waktunya
d. Tidak
malu untuk bertanya
12. Di
bawah ini adalah alasan yang harus kita renungkan untuk menumbuhkan semangat
belajar kecuali ….
a. Orang
tua telah berjuang untuk membayar biaya sekolah yang mahal
b. Jika
kita belajar dengan baik kita akan menjadi orang yang berguna
c. Kita
bisa membantu banyak orang dengan ilmu yang kita miliki
d. Kita
punya takdir yang menentukan
13. Pangeran
Siddharta telah mampu bermeditasi pada usia ….
a. 5
tahun c.
7 tahun
b. 6
tahun d.
8 tahun
14. Akibat
jika kita tidak semangat belajar adalah ….
a. Kita
disayang oleh guru c.
Kita tidak mengerti apa-apa
b. Kita
bisa membantu orang lain d.
Kita menjadi lebih berpengetahuan
15. Anak
yang memiliki semangat belajar tidak pernah ….
a. Mengerjakan
tugasnya dengan baik c. Mengulang
pelajaran di rumah
b. Lupa
belajar d.
Menunda pekerjaannya
16. Secara
historis, sejarah munculnya aliran Mahayana dimulai sejak ….
a. Adanya
Tri Pitaka c.
Buddha Parinibbana (544 SM / 487 SM)
b. Konsili
ke dua d.
Konsili pertama
17. Bhikkhu
Kassapa menyelenggarakan konsili yang pertama bertujuan untuk ….
a. Melestarikan
ajaran Buddha c. Menyalahkan
Subadha
b. Mengumpulkan
para bhikkhu d. Menetapkan
peraturan
18. Bhikkhu
yang mengulang kembali dhamma dalam bentuk sutta adalah ….
a. Bhikkhu
Kassapa c.
Bhikkhu Subadha
b. Bhikkhu
Ananda d.
Bhikkhu Upali
19. Bhikkhu
yang mengulang kembali peraturan kebhikkuan atau Vinaya pitaka adalah …
a. Bhikkhu
Kassapa c.
Bhikkhu Subadha
b. Bhikkhu
Ananda d.
Bhikkhu Upali
20. Konsili
kedua diadakan di Vesali pada masa pemerintahan ….
a. Raja
Suddhodana c.
Raja Bimbisara
b. Raja
Asoka d.
Raja Kalasoka
21. Pak
Saddha dalam cerita “Rumah yang Terbakar” melambangkan ….
a. Buddha c.
Dharma
b. Sangha d.
Semua makhluk
22. Rumah
terbakar dalam cerita “Rumah yang Terbakar” melambangkan ….
a. Buddha c.
Dharma ajaran Buddha
b. Usia
tua, sakit, dan kematian d.
Semua makhluk
23. Anak-anak
Pak Saddha dalam cerita “Rumah yang Terbakar” melambangkan ….
a. Buddha c.
Dharma, ajaran Buddha
b. Sangha d.
Semua makhluk
24. Pancakkhanda
artinya adalah ….
a. Lima
kelompok kehidupan c.
Kelompok jasmani
b. Kelompok
perasaan d.
kelompok pikiran
25. Alasan
Buddha kadang-kadang mengajar dengan perumpamaan adalah ….
a. Karena
Buddha suka bercerita
b. Karena
murid-murid Buddha masih kecil
c. Supaya
mudah dimengerti oleh murid-muridnya
d. Supaya
murid-muridnya terlelap
26. Di
bawah ini yang termasuk rintangan meditasi yang berasal dari luar diri kita
adalah ….
a. Kamachanda c.
Byapada
b. Avasa d.
Thina-middha
27. Buddha
mengajarkan …. kepada kita agar terbebas
dari penderitaan.
a. Kekayaan c.
Mainan
b. Kebenaran d.
Rumah
28. Konsili
kedua diadakan karena munculnya beberapa masalah berkenaan dengan ….
a. Perselisihan
para bhikkhu c.
Pernyataan bhiku Subadha
b. Dhamma
dan Vinaya d.
Pernyataan bhikkhu Ananda
29. “Sutra”
adalah kotbah-kotbah Buddha yang ditulis dalam bahasa ….
a. Pali c.
Sanskerta
b. Mandarin d.
Indonesia
30. Konsili pertama diadakan di ….
a. Rajagraha c.
Hutan bambu
b. Vesali d.
Kusinara
31. Perbedaan
“sutta” dengan “sutra” adalah ….
a. Sutta
merupakan ajaran Buddha, sedangkan Sutra bukan ajaran Buddha
b. Sutta
ditulis sebelum Buddha Mahaparinibbana
c. Sutta
ditulis dalam bahasa pali, Sutra dalam bahasa Sanskerta
d. Sutta
lebih lengkap dibandingkan Sutra
32. Saddharmapundarika-Sutra
disebut juga sebagai ….
a. Sutra
bunga teratai c.
Sutra Intan
b. Sutra
Ungu d.
Sutra Megah dan indah
33. Pada
cerita “Orang yang Terpanah”, yang seharusnya dilakukan oleh orang yang terkena
panah adalah ….
a. Mencari
tahu siapa yang memanahnya
b. Mencabut
panah dan mengobati lukanya
c. Mengukur
panjang panah
d. Mencari
tahu jenis panahnya
34. Pemuda
yang menanyakan hal-hal yang tidak bermanfaat kepada Buddha adalah ….
a. Mahapurisa c.
Malunkyaputta
b. Mahanama d.
Mahamaya
35. Buddha
tidak mengajarkan agar kita lebih mendahulukan hal-hal yang ….
a. Bermanfaat c.
Membawa perkembangan
b. Tidak
berguna d.
Membawa kemajuan
36. Setelah
mengerti dan memahami ajaran Buddha dengan benar, yang harus kita lakukan
selanjutnya adalah ….
a. Membicarakannya
saja c.
Menuliskannya saja
b. Mempraktikkannya d. Membacanya saja
37. Sikap
yang paling tidak sesuai dengan ajaran Buddha adalah ….
a. Saka
selalu ke wihara dan mendengarkan dharman tapi ia sering marah-marah
b. Bodhi
suka membaca ajaran Buddha dan ia pun sangat baik hati
c. Metta
sering mendengarkan ceramah di wihara dan ia juga penuh dengan cinta kasih
d. Udaca
sering membaca cerita-cerita buddhis, ia berusaha untuk menjadi anak yang baik
38. Di
dalam “Saddharmapundarika-Sutra, dunia ini diumpamakan seperti ….
a. Danau
yang tenang c.
Gunung sedang meletus
b. Rumah
yang damai d.
Rumah besar yang terbakar
39. Meditasi
dalam agama Buddha lebih dikenal dengan istilah ….
a. Bertapa c.
Bhavana
b. Merenung d.
Meditasi
40. Usaha
benar dalam praktek meditasi digunakan untuk ….
a. Memunculkan
pikiran-pikiran buruk yang belum muncul
b. Mengembangkan
pikiran-pikiran baik yang telah muncul
c. Tidak
memunculkan pikiran-pikiran baik yang akan muncul
d. Mengembangkan
pikiran-pikiran buruk yang telah muncul
41. Meditasi
yang bertujuan untuk mengembangkan pandangan terang ialah ….
a. Vipassana-bhavana c. Miccha-samadhi
b. Sammata-bhavana d. Samma-sammadhi
42. Samatha-bhavana
bukanlah tujuan akhir dari pelaksanaan meditasi karena ….
a. Samatha-bhavana
bertujuan untuk mencapai pandangan terang
b. Samatha-bhavana
dapat memusnahkan kekotoran batin saja
c. Samatha-bhavana
tidak bertujuan menenangkan batin
d. Samatha-bhavana
hanya mengendapkan kekotoran batin
43. Objek
yang digunakan dalam Samatha-bhavana berjumlah ….
a. 40
objek c.
20 objek
b. 30
objek d.
45 objek
44. Rintangan
yang timbul dari dalam diri orang yang melaksanakan meditasi adalah ….
a. 10
Palibodha c.
5 Nivarana
b. 4
Apamana d.
10 Anussati
45. Rintangan
yang timbul dari luar diri kita ketika sedang bermeditasi disebut ….
a. 10
Palibodha c.
5 Nivarana
b. 4
Apamana d.
10 Anussati
46. Ayah
dalam kisah “Kembalinya Anak yang Hilang” melambangkan ….
a. Buddha c.
Dharma
b. Sangha d.
Semua makhluk
47. Anak
yang hilang dalam kisah “Kembalinya Anak yang Hilang” melambangkan ….
a. Buddha c.
Dharma
b. Sangha d.
Semua makhluk
48. Buddha
memberikan ajaran-Nya kepada ….
a. Semua
orang pintar c.
Semua orang bodoh
b. Semua
orang d.
Semua makhluk
49. Tempat
untuk dapat menjalankan atau mempraktekkkan ajaran Buddha yaitu ….
a. Di
wihara c.
Di rumah
b. Di
sekolah d.
Di mana saja kita berada
50. Byapada
artinya ….
a. Nafsu
keinginan c.
Kemauan jahat
b. Kemalasan d.
kegelisahan
51. Mengajak
orang lain berbuat baik adalah perbuatan yang ….
a. Merepotkan c.
Tercela
b. Mulia d.
Memalukan
52. Kita
boleh mengajak orang lain dalam melakukan kegiatan berikut,kecuali ….
a. Mengumpulkan
dana untuk panti asuhan c. Membantu
kita dalam ulangan
b. Membantu
Nenek menyebrang jalan d. Mengumpulkan
sumbangan korban bencana alam
53. Dibawah
ini adalah tindakan mengajak orang lain berbuat baik yang tepat, kecuali ….
a. Mengajak
teman ke Vihara c.
Mengajak teman mengunjungi panti asuhan
b. Mengajak
teman membolos d.
Mengajak teman bekerja bakti
54. Jika
kita memusatkan pikiran pada apa yang sedang kita lakukan berarti kita sedang
….
a. Melamun c.
Bengong
b. Konsentrasi d.
Termenung
55. Di
bawah ini yang menunjukkan sikap konsentrasi adalah ….
a. Belajar
sambil menonton TV c.
Belajar dengan sungguh-sungguh
b. Makan
sambil membaca komik d.
Membuat PR saat guru sedang menjelaskan pelajaran
56. Saat
kita berkonsentrasi pada apa yang kita kerjakan berarti kita sedang ….
a. Termenung c.
Belajar
b. Meditasi d.
Berpikir
57. Di
bawah ini yang bukan merupakan tujuan dari konsentrasi adalah ….
a. Agar
kita dapat mengingat pelajaran dengan lebih baik
b. Agar
kita dapat menghindari diri dari perbuatan yang tidak baik
c. Agar
kita dapat mengucapkan kata-kata yang salah
d. Agar
kita dapat menghindari diri dari kata-kata yang salah
58. Kita
harus berkonsentrasi saat ….
a. Sedang
belajar saja c.
Sedang makan
b. Sedang
berada di jalan d.
Sedang melakukan segala sesuatu
59. Konsili
ke-2 diadakan pada masa pemerintahan ….
a. Raja
Suddhodana c.
Raja Bimbisara
b. Raja
Asoka d.
Raja Kalasoka
60. Kita
harus mempunyai tujuan yang baik dalam melakukan meditasi. Di bawah ini tujuan
meditasi yang tidak baik, adalah ….
a. Untuk
membuat kita lebih tenang
b. Untuk
menjadi sakti
c. Untuk
membuat kita lebih terkendali dalam segala hal
d. Untuk
membuat kita lebih mampu menahan diri dan amarah
61. Kita
akan memutuskan sesuatu dengan lebih bijaksana jika kita mempunyai pikiran yang
….
a. Banyak c.
Tenang
b. Sibuk d.
Cepat
62. Di
bawah ini yang merupakan sikap anak yang sering melakukan meditasi adalah ….
a. Tenang c. Sibuk
b. Gusar d. Lambat
63. Aradhana
Dhammadesana merupakan permohonan kepada bhikkhu untuk ….
a. Membacakan
doa c.
Membabarkan Dharma
b. Melafalkan
paritta d.
Memasang dupa di altar
64. Jika
kita sering melakukan meditasi, apa yang akan kita lakukan jika kita mempunyai
rencana yang tidak sesuai dengan kebaikan?
a. Melanjutkannya c. Menyuruh
orang lain melakukannya
b. Menghentikannya d. Melakukannya
65. Kita
sudah mengetahui bahwa meditasi mempunyai banyak manfaat. Lalu, apa tindakan
paling tepat yang harus kita lakukan sekarang?
a. Memberi
tahu manfaat meditasi kepada orang lain c.
Segera melakukan meditasi
b. Menyuruh
orang lain melakukan meditasi d.
mencari-cari kekurangan meditasi
66. Meditasi
dalam agama Buddha disebut ….
a. Bhagawa b. Bhavana
b. Brahmana d. Brahma
67. Pangeran
Siddharta telah mahir bermeditasi sejak umur ….
a. 5
tahun b. 6 tahun
b. 7
tahun d. 8 tahun
68. Objek
meditasi yang paling umum (yang sering digunakan) adalah ….
a. Pernapasan c. Warna
b. Makanan d. Sifat luhur Buddha
69. Sikap
yang menunjukkan cara meditasi yang benar adalah ….
a. Mata
terpejam, duduk menyandar c.
Mata terbuka, duduk santai
b. Mata
terpejam, duduk tegak dan nyaman d.
Mata terbuka, duduk tegang
70. Hal
yang paling dibutuhkan dalam melakukan meditasi adalah ….
a. Tekad c.
Cahaya
b. Ruangan d.
Buku petunjuk
71. Untuk
melakukan meditasi cinta kasih, kita harus berpikiran positif. Berikut ini yang
merupakan pikiran positif adalah ….
a. Memikirkan
kesalahan teman c. Mengharapkan keluarga
kita berbahagia
b. Memikirkan
kenakalan adik d. Berpikir bahwa kita
tidak akan bisa melakukan meditasi
72. Berikut
ini adalah ciri-ciri anak yang suka melakukan meditasi, kecuali ….
a. Wajahnya
tenang c.
Wajahnya berseri-seri
b. Selalu
tidur sampai siang d.
Tidak gelisah
73. Kita
siap melakukan meditasi cinta kasih jika kita ….
a. Masih
merasakan kemarahan c.
Merasa sedih
b. Terbebas
dari tugas d.
Terbebas dari kebencian dan kemarahan
74. Apabila
kita berlatih meditasi cinta kasih, kita akan semakin ….
a. Kaya c.
Bahagia
b. Terkenal d.
Rupawan
75. Sifat-sifat
luhur yang menjadi objek dalam meditasi berjumlah ….
a. 7
sifat luhur c.
8 sifat luhur
b. 9
sifat luhur d.
10 sifat luhur
76. Meditasi
sifat luhur Buddha dapat membuat kita semakin ….. kepada Buddha.
a. Yakin c.
Terikat
b. Melekat d.
Kuat
77. Melakukan
meditasi sifat luhur Buddha, yang dibutuhkan yaitu ….
a. Tekad c.
Cahaya
b. Ruangan d.
Buku petunjuk
78. Hal
di bawah ini yang tidak diperlukan dalam meditasi sifat luhur Buddha adalah ….
a. Ruangan
yang tenang c.
Ruangan yang indah
b. Tekad
yang kuat d.
Waktu yang tepat
79. Jika
kita melakukan meditasi sifat luhur Buddha dengan lebih baik, maka kita akan
menjadi anak yang ….
a. Lebih
baik dan bahagia c.
Lebih sehat
b. Lebih
pemalu d.
Lebih kuat
80. Di
bawah ini yang bukan merupakan pengertian dari Nirvana adalah ….
a. Kebahagiaan
tertinggi c.
Tujuan akhir umat Buddha
b. Akhir
dari kebahagiaan d.
Akhir dari penderitaan
81. Kita
menyadari Nirvana dengan mengembangkan ….
a. Cinta
kasih, kesombongan, kebijaksanaan c.
Cinta kasih, kedermawanan, kebodohan
b. Cinta
kasih, kedermawanan, kebijaksanaan d.
Cinta kasih, kesombongan, kebodohan
82. Di
bawah ini adalah hal-hal yang harus kita padamkan untuk menyadari Nirvana,
kecuali ….
a. Kedermawanan c.
Kebencian
b. Ketamakan d.
Kebodohan
83. Di
bawah ini yang bukan merupakan cara untuk menyadari Nirvana adalah ….
a. Mempunyai
pemikiran benar c.
Mempunyai pengucapan benar
b. Mempunyai
perbuatan benar d.
Mempunyai perjalanan benar
84. Di
bawah ini contoh sikap yang tidak sesuai untuk menyadari Nirvana adalah ….
a. Berbuat
sesuka hati c.
Menyadari setiap kata-kata yang diucapkan
b. Berpikir
dengan penuh kebijaksanaan d. Tidak
menyakiti perasaan orang lain
85. Kita
perlu konsentrasi saat berbicara supaya ….
a. Kita
bicara dengan lambat c.
Ucapan kita terdengar oleh orang lain
b. Ucapan
kita bermanfaat d.
Kita bicara dengan cepat
86. Di
bawah ini yang merupakan contoh sikap konsentrasi adalah ….
a. Belajar
dengan sungguh-sungguh c. Membuat PR
saat guru sedang menjelaskan pelajaran
b. Belajar
sambil menonton TV d. Makan
sambil membaca komik
87. Jika
kita tidak konsentrasi, maka kita akan ….
a. Dapat
melakukan kesalahan c.
Dapat selalu sadar
b. Dapat
mengerjakan PR d.
Makan sambil membaca komik
88. Tujuan
meditasi adalah untuk ….
a. Mencapai
kesaktian tertentu c.
Melatih pikiran agar tenang dan bahagia
b. Menjadi
terpuji d.
Menjadi juara
89. Meditasi
membuat diri kita menjadi lebih ….
a. Hebat c.
Kuat
b. Bertenaga d.
Terkendali
90. Meditasi
mempunyai banyak manfaat. Lalu yang harus kamu lakukan adalah ….
a. Segera
melakukan meditasi c.
Hanya menyuruh orang lain untuk meditasi
b. Mencari-cari
kekurangan meditasi d.
Hanya membaca mengenai meditasi
91. Bhavana
berarti ….
a. Brahmana c.
Meditasi
b. Hukuman d.
Buddha
92. Metta
Bhavana adalah meditasi dengan objek ….
a. Pernapasa
c.
Cinta kasih
b. Warna d.
Sifat luhur Buddha
93. Kita
dapat menjalankan …. Untuk mewujudkan Nirvana.
a. Surga c.
Jalan mulia berfaktor delapan
b. Jalan
mulia berfaktor tengah d.
Jalan benar
94. Sa-Upadisesa-Nibbana
dicapai oleh ….
a. Siddharta
ketika masih menjadi Pangeran c.
Pertapa Gotama ketika bertapa di hutan Uruwela
b. Sang
Buddha setelah meninggal dunia d.
Buddha ketika masih hidup membabarkan dharma
95. Di
bawah ini adalah sikap yang tidak sesuai dengan usaha menyadari Nirvana adalah
….
a. Rajin
meditasi c.
Berpikir buruk
b. Banyak
berbuat baik d.
Tidak berbuat jahat
96. Sifat
yang harus kita hilangkan untuk menyadari Nirvana adalah ….
a. Kedermawanan c.
Ketamakan
b. Kebaikan d.
Ketulusan
97. Pikiran
yang terkonsentrasi pada satu objek meditasi disebut ….
a. Abhinna c.
Jhana
b. Parikamma d.
Appanna
98. Kesucian
hanya dapat dicapai jika seseorang tersebut ….
a. Mampu
melenyapkan semua belenggu (samyojana)
b. Mampu
mencapai tingkat-tingkat jhana
c. Mampu
memiliki kekuatan batin yang luar biasa (abhinna)
d. Mampu
melaksanakan praktik samatha bhavana
99. Pada
jhana tingkat ke-2, faktor-faktor jhana yang tersisa adalah ….
a. Vitaka,
Vicara, Ekagatha c.
Vicara, Piti, Sukkha
b. Piti,
Sukkha, Ekagatha d.
Sukkha, Ekagatha, Upakkha
100.Nibbana
yang masih mengandung sisa-sisa kelompok kehidupan disebut ….
a. Sa-Upadisesa-Nibbana c.
An-Upadisesa-Nibbana
b. Nibbana-Upadisesa d.
Anurudha-Nibbana
masih ada beberapa soal yang kurang dimengerti dan dipahami oleh anak-anak SD.
BalasHapusoleh karena itu,hendaknya lebih disempurnakan lagi!
siap!
BalasHapus